+ -

Pages

6/21/2014

Tutorial : Cara Membuat Script Batch

Huwala ! Kita bertemu lagi readers ! Setelah berbulan-bulan yang tidak nge-pos. Untuk memulai postingan Juni ini, saya akan share ilmu saya (yang kebetulan sedang saya tekuni).

Oke, pertama-tama mungkin beberapa readers akan bertanya apa itu script batch ?
Script batch adalah script yang juga merupakan bahasa pemprogramman tingkat tinggi (menggunakan bahasa Inggris yang familiar). Jadi bahasa ini lebih mudah dipahami dibanding binary language, atau C / C++.

Anyway, script batch ini sangat mudah dibuat dan gampang sekali dipelajari. Kali ini saya akan selipkan beberapa pengetahuan saya tentang pembuatan skrip batch.

Cara Membuat


1. Jalankan teks editor (saya pilih notepad)

 2. Ketikkan @ECHO OFF (ini harus selalu disimpan diawal, sebelum perintah lain)





 Note : @Echo Off atau @echo off dapat digunakan, namun saya lebih familiar dengan @ECHO OFF

 3. Mulai mengetikkan perintah, banyak sekali perintah yang tersedia untuk script batch. Ketikkan 'HELP' di command prompt jika ingin tahu (BTW, untuk menjalankan command prompt, tekan Windows Key + R lalu ketikkan cmd)

Contoh perintahnya :


  1. echo  > Digunakan untuk menampilkan pesan
  2. pause > Digunakan untuk memberhentikan script (yang ditandai dengan tulisan 'Press any key to continue...')
  3. title > Mengganti judul window script kita
  4. ren   > Mengganti nama file
  5. del   > Menghapus file
  6. if     > Jika output sama, maka lakukan
  7. then > Arti B. Inggrisnya 'lalu', jika ditemani dengan if maka akan menjadi perintah yang efektif (if then)
  8. else > Teman lain dari if dan then. Merupakan perintah balasan jika 'if' outputnya tidak sama
  9. copy > Mengcopy file
  10. color > Mengganti warna teks dan background di window script kita
Dan masih banyak lagi.

4. Nah, ini contoh script yang saya buat :



Nah, pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara savenya ? Mudah, ini caranya :

Pertama readers klik File > Save As lalu ikuti gambarnya ;)




 

 Jadi ! Readers bisa langsung menjalankan scriptnya :D (langsung double klik).

Note : Jika script readers langsung close berarti script readers tidak memiliki perintah pause, sangat disarankan mencoba script saya dahulu sebelum membuat script readers sendiri.


Tadaa ! Readers bisa mengutak-ngatik script yang sudah saya buat.
Jadi, bagaimana ? Jika sudah mengerti, syukur :D semoga readers bisa menjadi scripter hebat.

Kalau ada kesalahan silahkan pos di kolom komentar :D 


5 Derp's Blog: Tutorial : Cara Membuat Script Batch Huwala ! Kita bertemu lagi readers ! Setelah berbulan-bulan yang tidak nge-pos. Untuk memulai postingan Juni ini, saya akan share ilmu saya ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >